Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan dan mengevaluasi modul ajar interaktif berbasis Canva, inovasi baru dalam pembelajaran materi pecahan di kelas IV Sekolah Dasar. Modul ajar ini dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep dan hasil belajar mereka tentang materi pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan melalui lembar validasi ahli, tes hasil belajar (pre-test dan post-test), angket kepraktisan guru dan siswa, wawancara, serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar interaktif berbasis Canva yang dikembangkan dinyatakan sangat valid oleh ahli materi (skor rata-rata 3.38) dan ahli media (skor rata-rata 3.80). Modul ini juga dinilai sangat praktis oleh guru (skor rata-rata 3.35) dan siswa (skor rata-rata 3.41). Uji efektivitas menunjukkan perbedaan signifikan hasil belajar antara kelompok eksperimen (M=95, SD=5.00) dan kontrol (M=80.00, SD=6.00) dengan nilai p < 0.001, serta N-Gain Score kelompok eksperimen (0.83, kategori Tinggi) lebih unggul dari kelompok kontrol (0.29, kategori Rendah). Disimpulkan bahwa modul ajar interaktif berbasis Canva valid, praktis, dan efektif secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar materi pecahan siswa sekolah dasar, menawarkan solusi inovatif yang visual dan interaktif untuk pembelajaran matematika.
Copyrights © 2025