Istifkar: Media Transformasi Pendidikan
Vol 5 No 2 (2025): Istifkar: Media Transformasi Pendidikan

IMPLEMENTASI PENDEKATAN DEEP LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PPTQ AL-AMIR KLATEN

Albany, Sulistiono Shalladdin (Unknown)
Amalina, Azka (Unknown)
Ukhti, Tasya Zahra Sabrina (Unknown)
Rozak, Muhammad Choiru (Unknown)
Wagola, Rajun (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2025

Abstract

Terdapat berbagai macam metode pembelajaran dalam Pendidikan non formal khusus kelas penghafal Qur’an, metode pembelajaran tersebut menyesuaikan dengan kepentingan para pendiri pondoknya masing-masing, sehingga tidak ada formulasi paten terkait metode pembelajaran di pondok tahfidz Qur’an. Saat ini di dunia Pendidikan sedang marak penggunaan metode pembelajaran deep learning dari Pendidikan usia dini hingga Tingkat perguruan tinggi. Penelitian kualitatif studi kasus ini ingin mengungkap secara faktual terkait pembelajaran di pondok tahfidz Al-Amir yang menggunakan atau bisa disamakan dengan metode pembelajaran deep learning dengan tiga pendekatan meaningful, mindful dan joyful yang sedang marak saat ini. Hasil dari penelitian studi kasus di pondok tahfidz Al-Amir yaitu terdapat beberapa mata Pelajaran atau dirosah yang dalam proses pembelajarannya menggunakan pendekatan meaningful, mindful dan joyful.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

istifkar

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

ISTIFKAR: Media Transformasi Pendidikan merupakan jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Islam Kendal yang fokus pada kajian pendidikan diantaranya mengenai; 1) Ilmu Pendidikan Islam, 2) Kurikulum Pendidikan Islam, 3) Evaluasi Pendidikan Islam, 4) Psikologi Pendidikan, 5) Filsafat Pendidikan, 6) ...