Abstrak SMP Negeri 12 Banjarbaru merupakan salah satu sekolah yang mementingkan pembinaan akhlak siswa. Salah satu cara yang dilakukan untuk membina akhlak siswa yaitu dengan mengadakan kegiatan jum’at taqwa yang di dalamnya di isi dengan kegiatan keagamaan, seperti membaca yasin, sholawat kamilah dan tausiah agama mengenai akhlakul karimah. Pembinaan akhlak yang dilakukan di SMP Negeri 12 Banjarbaru tersebut menumbuhkan kepribadian siswa yang sesuai dengan tujuan sekolah.Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 12 Banjarbaru dan bagaimana hasil dari pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 12 Banjarbaru.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjeknya yaitu guru dan siswa SMP Negeri 12 Banjarbaru. Objeknya yaitu pembinaan jum’at taqwa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk teknik pengolahan data yaitu editing, klasifikasi data dan interpretasi data. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif.Hasil dari penelitian ini yaitu pelaksanaan pembinaan akhlak siswa melalui jum’at taqwa di SMP Negeri 12 Banjarbaru sudah terlaksana dengan baik, karena kegiatan itu dilaksanakan rutin setiap pagi jum’at pada jam pertama. Keteladanan guru yang membimbing siswa sudah baik. Untuk keteladanan guru yang mengawasi saat kegiatan berlangsung sudah berjalan dengan baik dan dalam memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari sudah baik. Kepribadian yang timbul dari adanya kegiatan pembinaan ini yaitu menjadikan siswa saling menghargai satu sama lain.Kata kunci: Pembinaan, Akhlak, Jum’at Taqwa
Copyrights © 2024