Jurnal Kajian Ilmu dan Teknologi (JKIT)
Vol. 2 No. 1 (2025): Jurnal Kajian Ilmu dan Teknologi (JKIT)

Peran Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran IPS Untuk Menanamkan Nilai Toleransi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Musyarofah Nur Halimah, Siti (Unknown)
Fashihullisan, Muhammad (Unknown)
Aditia Ismaya, Erik (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Intoleransi terhadap keberagaman budaya (multikulturalisme) di tingkat sekolah dasar masih menjadi tantangan utama dalam dunia pendidikan saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana peran pendidikan multikultural dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam menumbuhkan sikap toleran pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta analisis dokumen yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS berkontribusi secara signifikan dalam membentuk sikap toleransi di kalangan siswa. Pendidikan multikultural tidak hanya memperkaya pemahaman siswa tentang keberagaman budaya, tetapi juga melatih mereka untuk menghormati perbedaan dan mengembangkan empati terhadap sesama. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran IPS merupakan strategi yang efektif dalam membangun karakter siswa yang inklusif, toleran, dan siap hidup harmonis di tengah masyarakat yang majemuk.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkit

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Electrical & Electronics Engineering Engineering Health Professions Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Kajian Ilmu dan Teknologi (JKIT) adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada penyebaran pengetahuan dan penelitian terkini di bidang ilmu pendidikan, teknologi, dan ilmu sosial. Jurnal ini bertujuan menjadi wadah interaksi akademik yang mendorong kolaborasi antardisiplin ilmu untuk mengeksplorasi ...