Pandemi covid-19 menjadikan tingkat ekonomi menurun, yang juga dirasakan oleh masyarakat di Dusun Tanjung Berikat, masalah yang akan diselesaikan dalam penelitian. Pembuatan dan pemasangan label merupakan upayameningkatkan daya tarik konsumen pada produk makanan tersebut dengan harapan menjadikan produk tersebut dikenal masyarakat luas dan memiliki daya saing tersendiri sehingga dapat menambah dan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pengaruh merek, label dan promosi terhadap daya tarik konsumen, memperkenalkan produk UMKM yang diproduksi kepada masyarakat luas. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif. Teknik mengumpulkan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis data kualitatif, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian yaitu dengan adanya pemasangan label atau merek pada produk yang diproduksi membuat produk tersebut menjadi lebih dikenal dan juga mempermudah konsumen dalam melakukan pemesanan terhadap produk UMKM yang ingin dibeli, membuat pemilik usaha menjadi lebih mudah dalam mempromosikan barang, karena produk yang dihasilkan memiliki nama yang berbeda daru UMKM lainnya.
Copyrights © 2024