Journal of Arts Education and Design
Vol. 1 No. 02 (2024): Volume 01 Nomor 02 (Desember 2024)

Analisis Unsur Visual Karya Seni Lukis Realis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Angkatan 2023 di Universitas Negeri Makassar

Fadhil Maulana (Unknown)
Hasnawati (Unknown)
Pangeran Paita Yunus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan unsur visual pada karya seni lukis realis yang dihasilkan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa angkatan 2023 di Universitas Negeri Makassar. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan berdasarkan pendekatan kritik seni Edmund Burke Feldman yang meliputi deskripsi, analisis formal, interpretasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan unsur visual, seperti titik, garis, bentuk, bidang, volume, gelap-terang, warna, tekstur, ruang, struktur, telah diterapkan dengan variasi yang menarik. Kekuatan utama dari karya-karya tersebut terletak pada penguasaan teknik dan kepekaan terhadap detail visual, yang mencerminkan pemahaman yang baik terhadap prinsip seni realis. Namun, terdapat kelemahan seperti kurangnya eksplorasi kreativitas dan konsistensi dalam menyampaikan pesan visual. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman lebih mendalam tentang keunggulan dan kekurangan mahasiswa dalam mengaplikasikan unsur visual pada seni lukis realis. Selain itu, penelitian ini juga menjadi referensi bagi mahasiswa, dosen, dan institusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran seni lukis. Dengan hasil ini, diharapkan karya seni mahasiswa dapat semakin berkembang baik dari segi teknis maupun konseptual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

artsedes

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Artsedes draws its contributions from academics and practitioner-researchers at the interface of new visual and performing arts. It acts as a forum for critical scholarship, innovative practice, and creative pedagogy, addressing themes that may be domain-specific (e.g. Visual Arts, Design, ...