cover
Contact Name
Faizal Erlangga Makawi
Contact Email
faizal.erlangga@unm.ac.id
Phone
+6281245380700
Journal Mail Official
pt.ininnawaparamacitraedukasi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Jipang Raya komplek Bumi Palem P-23
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Arts Education and Design
ISSN : -     EISSN : 3063803     DOI : 10.62330/artsedes
Artsedes draws its contributions from academics and practitioner-researchers at the interface of new visual and performing arts. It acts as a forum for critical scholarship, innovative practice, and creative pedagogy, addressing themes that may be domain-specific (e.g. Visual Arts, Design, Animation, theatre, dance, music, live art) or situated at the convergence of two or more disciplines. The journal invites original, significant, and rigorous inquiry into all subjects within or across disciplines related to visual and performing arts. It encourages debate and cross-disciplinary exchange across a broad range of approaches. The spectrum of topics includes Animation, Fine Arts, Photography, Music Education, Dance Theatre, Movie and Television, Interior Design, Industrial Design, Media Arts. These topics are addressed in full-length academic articles, critical statements on current issues, developmental practice, and reviews of books and live/media-based visual and performing arts. The journal presents an innovative platform for researchers, students, practitioners and educators to both learn from and contribute to the field. All articles are subject to initial Editor screening and then a rigorous double-blind peer-review process before publication.
Articles 18 Documents
Nilai Estetika Batik Tulis Peserta Didik SMKN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa Fitrianingsih, Novi; Makawi, Faizal Erlangga
Journal of Arts Education and Design Vol. 1 No. 1 (2024): Volume 01 Nomor 01 (Juni 2024)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/artsedes.v1i1.44

Abstract

Kemampuan Berkarya Batik Tulis Siswa Kelas XI SMKN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Pembimbing H. Karta Jayadi, dan Hj. Hasnawati. Pada penelitian ini, permasalahan utama yaitu bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI dalam berkarya batik tulis di SMKN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa serta motif apa saja yang dihasilkan dari karya batik tulis siswa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa yang berjumlah 81 orang siswa yang terdiri dari 3 kelas paralel. Namun demikian dari tiga kelas pararel tersebut hanya satu kelas yang melaksanakan pembelajaran batik tulis, sedangkan kelas lainnya yaitu kelas XI A sedang mempelajari batik cap, dan kelas XI B batik lukis. Berikut gambaran populasi kelas XI C yang sedang mempelajari batik tulis. Namun yang dijadikan sampel berdasarkan tujuan di atas, berjumlah 15 orang siswa yang terdiri dari 5 orang yang memiliki kemampuan akademik rendah, 5 orang yang berkemampuan cukup dan 5 orang lainnya sangat baik. Hasil kesimpulan penelitian yaitu kemampuan berkarya batik tulis siswa kelas XI SMKN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa tergolong Baik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil sebagai berikut: terlihat dari keseluruhan aspek dalam membuat karya batik tulis, yaitu total persentase nilai keseluruhan aspek dalam berkarya batik tulis yaitu 5 siswa mendapatkan nilai dengan kategori (A) Sangat Baik, yakni rentang nilai 89-92 dan 10 siswa mendapatkan nilai (B) Baik dengan rentang nilai 75-86. Dari 15 siswa yang menjadi sampel penelitian. kemampuan berkarya batik tulis siswa kelas XI SMKN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa dikategorikan (B) Baik, dan motif yang dihasilkan adalah motif lokal Sulawesi Selatan yang merupakan representasi kearifan lokal Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan.
KEMAMPUAN MENGGAMBAR BENTUK PESERTA DIDIK KELAS X 1 SMA NEGERI 2 TANA TORAJA Kabangnga, Felix Jansen; Husain , Muh. Saleh; Alimuddin
Journal of Arts Education and Design Vol. 1 No. 1 (2024): Volume 01 Nomor 01 (Juni 2024)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/artsedes.v1i1.45

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menggambar bentuk pada mata pelajaran Seni Budaya (seni rupa) di kelas X 1 SMA Negeri 2 Tana Toraja dan kendala yang dialami peserta didik dalam menggambar bentuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif .penelitian ini adalah peserta didik kelas X 1 SMA Negeri 2 Tana Toraja sedangkan sampel kelas X 1 berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sampel total. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes praktik, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan peserta didik dalam menggambar bentuk berdasarkan hasil tes praktik. Dari 32 orang kelas X 1 SMA Negeri 2 Tana Toraja terdapat 15 peserta didik (46,87 %) yang berada pada kategori kurang. Adapun kendala peserta didik dalam membuat karya, yaitu pada kendala internal yang meliputi (perhatian, minat, motivasi.dan kesiapan sedangkan kendala eksternal meliputi (keluarga, masyarakat, dan sekolah)
ANALISIS VISUAL KARYA KALIGRAFI LONTARA ABDUL AZIZ AHMAD Bahar, Jubaedah Bin; Yunus, Pangeran Paita; Mukadas, Andi Baetal
Journal of Arts Education and Design Vol. 1 No. 1 (2024): Volume 01 Nomor 01 (Juni 2024)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/artsedes.v1i1.46

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk khat Kaligrafi Lontara dan unsur-unsur visual pada karya Kaligrafi Lontara Abdul Aziz Ahmad. Jenis penelitian analisis konten dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sasaran penelitian adalah 10 karya Kaligrafi Lontara Abdul Aziz Ahmad yang dibuat pada tahun 2023. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan tahap-tahapnya yaitu reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian terhadap analisis bentuk khat Kaligrafi Lontara Abdul Aziz Ahmad yang dibuat pada tahun 2023, dari 10 karya yang diciptakan terdapat 7 karya Kaligrafi Lontara yang menggunakan bentuk khat elips, 2 karya yang menggunakan bentuk khat kaligrafi zigzag dan 1 karya menggunakan penggabungan antara bentuk khat elips dan zigzag dan analisis unsur-unsur visual dalam karya Kaligrafi Lontara Abdul Aziz Ahmad dengan penggunaan unsur visual titik, garis, bidang, tekstur dan gelap terang yaitu terdapat 10 karya Kaligrafi Lontara.
INTERPRETASI KARYA DJOKO PEKIK “BERBURU CELENG” Maulana, Fadhil; Makawi, Faizal Erlangga; Yunus, Pangeran Paita
Journal of Arts Education and Design Vol. 1 No. 1 (2024): Volume 01 Nomor 01 (Juni 2024)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/artsedes.v1i1.47

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk Untuk menambah wawasan di bidang seni dengan memaparkan lebih lanjut tentang penulisan interpretasi atau kritik seni dengan pendekatan teori Feldman yeng menggunakan tahapan deskripsi, analisis formal, interpretasi dan evaluasi pada karya Djoko Pekik. Metode dalam interpretasi karya Djoko Pekik ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan teori Feldman. Kualitatif ini merupakan jenis penelitian yang cenderung memakai analisis biasanya bersifat deskriptif, berguna dalam mengetahui, memaparkan, menyelidiki, menjelaskan kualitas keunggulan maupun pandangan individu atau kelompok terhadap sesuatu semisal pengaruh sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Interpretasi karya seni adalah proses menafsirkan nilai-nilai yang terikat dalam karya tersebut, karena dibalik sebuah karya pasti ada maksud atau hal yang melatarbelakanginya. Kita dapat melihat dalam tulisan ini contoh interpretasi terhadap karya lukis “Berburu Celeng” yang dibuat oleh Djoko Pekik, dimana ia memaparkan bagaimana karyanya itu mampu mewakili pikiran dan hatinya, sehingga dia mengangkat realitas sosial dalam karyanya untuk mengekspresikan diri juga menyuarakan apa yang selama ini dia dan masyarakat rasakan. Karena pengalaman pribadinya itulah yang membentuk karakter atau gaya lukisnya, hal itu pula yang membuat lukisannya mahal karena mampu memunculkan tampilan visual yang unik dan khas serta pemaknaan atas pengalaman hidup yang begitu dalam dan berarti. Tentu hal-hal seperti itu dapat kita pelajari guna meningkatkan kepekaan kita dalam berkarya dan memahami karya.
KRITIK SENI KARYA AFFANDI KOESOEMA BERJUDUL THREE EXPRESSIONS Maulana, Fadhil; Yunus, Pangeran Paita; Makawi, Faizal Erlangga; Padillah, Rezki; Febrian, Muh Farrel
Journal of Arts Education and Design Vol. 1 No. 1 (2024): Volume 01 Nomor 01 (Juni 2024)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/artsedes.v1i1.48

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginterpretasikan karya seni lukis maestro Indonesia, Affandi Koesoemo dalam lukisan berjudul Three Expressions. Penelitian ini menggunakan metode kritik seni Feldman untuk menganalisis nilai-nilai dalam karya seni, khususnya karya Affandi. Penelitian mengenai karya Affandi mengungkap tiga faktor utama yang menyumbang pada nilai dan kepopuleran karyanya. Pertama, latar belakang dan pengalaman pribadi Affandi, termasuk karakter, pendidikan, dan kontribusinya dalam dunia seni, membentuk dasar nilai-nilai karyanya. Kedua, ekspresi emosional dalam pembuatan lukisan dianggap sebagai jiwa karya seni, menarik perhatian para pengamat. Ketiga, goresan unik dan berkarakter dalam lukisan mencerminkan ekspresi mendalam Affandi, dengan guratan kuat dan penggunaan cat langsung dari tube cat. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang faktor-faktor kunci yang mengartikan nilai seni dalam karya Affandi.
PENGARUH PENERAPAN METODE MONTESSORI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TK AL-KHAIRAT KOTA GORONTALO Nur Aulia Rivanya Manoppo; Mohamad Zubaidi; Sri Rawanti
Journal of Arts Education and Design Vol. 1 No. 02 (2024): Volume 01 Nomor 02 (Desember 2024)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/artsedes.v1i02.175

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : Apakah terdapat pengaruh penerapan metode montessori terhadap kemampuan motorik halus anak usia dini di TK Al-Khairat Kota Gorontalo.? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode montessori terhadap kemampuan motorik halus anak dalam studi kasus anak di TK Al-Khairat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test yaitu memberikan tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Subjek penelitian ini adalah 12 orang anak di kelompok B2 TK Al-Khairat Kota Gorontalo. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui penerapan metode montessori. Pengumpulan data pre-test dan post-test dilakukan melalui observasi menggunakan instrumen penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan cara olah data statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam nilai rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, dapat dibuktikan dengan nilai yang diperoleh pada data pre-test dan post-test adalah 17,83 dan 37 Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan hasil uji t pada Diketahui bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan motorik halus anak pada data pre-test dan post-test. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel x berpengaruh terhadap variabel y.
Analisis Environment Graphic Design Museum Radya Pustaka Untuk Anak Tingkat Sekolah Dasar Diva Andini Haniifah; Aldrian Agusta
Journal of Arts Education and Design Vol. 1 No. 02 (2024): Volume 01 Nomor 02 (Desember 2024)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/artsedes.v1i02.200

Abstract

Provinsi Jawa Tengah hingga saat ini masih kental dengan adat dan tradisinya, salah satunya terdapat Kota Solo yang diberi julukan “The Spirit of Java” yang berarti jiwanya Jawa karena terdapat banyak peninggalan bersejarah di kota tersebut. Museum Radya Pustaka Surakarta merupakan museum tertua di Kota Solo yang didirikan oleh rakyat Indonesia. Saat ini anak-anak masih banyak yang belum mengetahui tentang nilai sejarah kebudayaan di Indonesia, mengingat pengetahuan mengenai sejarah sangat penting untuk diketahui oleh generasi muda dalam membina dan membentuk karakter serta jati diri anak terutama melalui sejarah lokal yang telah dikumpulkandalam satu tempat yaitu di dalam museum. Maka dibutuhkan media yang dapat menarik perhatian anak-anak untuk mengunjungi museum. Analisis ini menggunakan metode kualitatif yang akan berfokus pada pemahaman dan pengalaman pengguna. Karena masih banyaknya kekurangan dalam pemandu navigasi pengunjung serta identitas dari koleksi yang ada, hasil yang akan diperoleh dari analisis ini adalah penulis menjadi tahu apa saja kekurangan dan akan berfokus pada wayshowing dan wayfinding EGD untuk mengurangi kebingungan pengunjung saat mengunjungi museum.
BUKU PEMBELAJARAN YANG TEPAT UNTUK SENI TRADISI BATIK CIMAHI UNTUK REMAJA SMP DI CIMAHI Iskandar, Chairunnisa
Journal of Arts Education and Design Vol. 1 No. 02 (2024): Volume 01 Nomor 02 (Desember 2024)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/artsedes.v1i02.207

Abstract

Indonesia memiliki warisan seni budaya tradisi yang kaya, termasuk batik yang telah diakui UNESCO. Ada banyak daerah yang memiliki seni tradisi batik, salah satunya Kota Cimahi yang sedang mengembangkan seni tradisi tersebut. Kota Cimahi memiliki beberapa ragam hias batik, namun remaja SMP di Cimahi umumnya hanya mengenal motif bambu yang terdapat pada seragam sekolah mereka. Kurangnya pengetahuan dan apresiasi terhadap ragam hias Batik Cimahi disebabkan oleh dominasi konten global di media digital serta minimnya pewarisan seni tradisi Batik Cimahi. Penelitian ini bertujuan merancang buku interaktif untuk memperkenalkan dan mewariskan batik Cimahi kepada remaja SMP setempat secara menarik dan interaktif. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif melalui kuesioner untuk mengukur pengetahuan dan minat remaja terhadap seni tradisi Batik Cimahi, serta kualitatif melalui studi literatur untuk mengetahui perkembangan Batik Cimahi. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi panduan pengembangan media edukasi seni budaya yang menarik dan efektif bagi generasi muda.
Analisis Unsur Visual Karya Seni Lukis Realis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Angkatan 2023 di Universitas Negeri Makassar Fadhil Maulana; Hasnawati; Pangeran Paita Yunus
Journal of Arts Education and Design Vol. 1 No. 02 (2024): Volume 01 Nomor 02 (Desember 2024)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/artsedes.v1i02.209

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan unsur visual pada karya seni lukis realis yang dihasilkan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa angkatan 2023 di Universitas Negeri Makassar. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan berdasarkan pendekatan kritik seni Edmund Burke Feldman yang meliputi deskripsi, analisis formal, interpretasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan unsur visual, seperti titik, garis, bentuk, bidang, volume, gelap-terang, warna, tekstur, ruang, struktur, telah diterapkan dengan variasi yang menarik. Kekuatan utama dari karya-karya tersebut terletak pada penguasaan teknik dan kepekaan terhadap detail visual, yang mencerminkan pemahaman yang baik terhadap prinsip seni realis. Namun, terdapat kelemahan seperti kurangnya eksplorasi kreativitas dan konsistensi dalam menyampaikan pesan visual. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman lebih mendalam tentang keunggulan dan kekurangan mahasiswa dalam mengaplikasikan unsur visual pada seni lukis realis. Selain itu, penelitian ini juga menjadi referensi bagi mahasiswa, dosen, dan institusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran seni lukis. Dengan hasil ini, diharapkan karya seni mahasiswa dapat semakin berkembang baik dari segi teknis maupun konseptual.
Growth Mindset In Teaching 3D Animation Shapes For Beginner Novi, Fitrianingaih; Makawi, Faizal; Aswar; Hatta, Harmin
Journal of Arts Education and Design Vol. 1 No. 02 (2024): Volume 01 Nomor 02 (Desember 2024)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/artsedes.v1i02.218

Abstract

This research aims to equip the Stofo community with the necessary skills and knowledge to effectively use the 3D Max application for comic creation. The goal is to empower participants with not only the technical skills but also the mindset needed to utilize this 3D modelling software effectively. This is crucial because 3D modelling plays a pivotal role in the global comic creation industry. By mastering 3D modelling, Stofo comic artists can produce comic chapters and explore various aspects of industrial design and web tone in the context of the Fourth Industrial Revolution and Society 5.0. The method of this research is a qualitative approach involves instilling an understanding of the significance of learning 3D modelling and offering step-by-step tutorials within a computer lab. All participants will receive gradual instruction, starting with the basics of the 3D Max application, including commonly used tools and the creation of simple 3D models. The outcomes of this endeavour demonstrate that: (1) participants exhibit a strong interest in using 3D modelling for comic creation after receiving growth mindset theory; (2) they can produce fundamental 3D models for comic backgrounds with five (5) at high level, six 6 at intermediate level, and nine (9) at beginner level; and (3) they are enthusiastic about honing their 3D modelling skills for comic purposes. Therefore, It is crucial to empowers the Stofo community with 3D modelling skills and mindset, fostering creativity and potential in the realm of comics and design.

Page 1 of 2 | Total Record : 18