Pendidikan karakter religius dan nasionalis merupakan fondasi penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan memiliki jiwa patriotisme. Di era globalisasi ini, tantangan pembentukan karakter semakin kompleks, sehingga diperlukan strategi yang tepat dan efektif dalam mengintegrasikan nilai-nilai religius dan nasionalis pada jenjang pendidikan dasar. MI Islamiyah sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam menanamkan kedua nilai tersebut secara seimbang kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pembentukan karakter religius dan nasionalis yang diterapkan di MI Islamiyah Palangka Raya, serta mengidentifikasi efektivitas dan dampaknya terhadap perkembangan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi mendalam terhadap kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler, wawancara terstruktur dengan kepala sekolah, guru, dan peserta didik, serta dokumentasi program-program pembentukan karakter yang telah dilaksanakan. Analisis data menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan validitas dan reliabilitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Islamiyah Palangka Raya menerapkan strategi terintegrasi melalui pembelajaran berbasis nilai, pembiasaan ritual keagamaan, kegiatan upacara bendera, dan program kearifan lokal. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan kesalehan individual dan sosial peserta didik, serta menumbuhkan rasa cinta tanah air yang kuat, dibuktikan dengan peningkatan partisipasi aktif peserta didik dalam kegiatan keagamaan dan nasional.
Copyrights © 2025