Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Dimastika
Vol 4 No 2 (2025): JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: DIMASTIKA

Penerapan Metode dan Strategi Pembelajaran di Lembaga Pendidikan Keagamaan di MA NU 05 Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal

Kurniyah (Unknown)
Wibowo, Wisnu (Unknown)
Khakim, M.Dani (Unknown)
Hayati, Arina Hakikiyatal (Unknown)
Mahbubah, Anis Salsa (Unknown)
Miladianur (Unknown)
Budi, Yusuf Setia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Pendidikan agama memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak sejak usia dini sampai jenjang pendidikan MA/SMA Sederajat. Selain pendidikan nonformal, pendidikan formal seperti Madrasah Aliyah (MA) berkontribusi dalam membangun pemahaman keagamaan anak. Namun, pembelajaran di Madrasah Aliyah sering kali menghadapi tantangan dalam metode dan strategi pengajaran yang kurang variatif, sehingga murid-murid mudah bosan. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kualitas pengajaran melalui metode yang inovatif dan strategi yang tepat. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) DI MA NU 05 GEMUH , Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. Metode yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab, dengan evaluasi pemahaman peserta sebelum dan sesudah pelatihan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman strategi dan metode pembelajaran dari 40% sebelum pelatihan menjadi 80% setelahnya. Selain itu, partisipasi aktif peserta dalam diskusi mencapai 70%. Seminar ini berhasil meningkatkan pemahaman murid dalam pembelajaran yang lebih menarik dan efektif, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan di Madrasah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dimastika

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Dimastika) adalah jurnal yang dikelola oleh LPPM sebagai wahana publikasi pengabdian kepada masyarakat baik oleh civitas akademika Sekolah Tinggi Islam kendal atau akademisi dari perguruan tinggi lain, dan masyarakat secara umum. Rumpun ilmu yang menjadi ruang ...