Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 7 No. 2 (2020)

TINJAUAN PEMBELAJARAN VISUAL EKSPRESIF DALAM PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF

Kencana, Dian (Unknown)
Supriatna, Mamat (Unknown)
Yudha, Eka Sakti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Artikel ini diarahkan untuk menjawab tiga permasalahan, yaitu pengertian, unsur dan kegunaan pembelajaran visual ekspresif dalam program pendidikan inklusif yang berdasarkan hasil studi pustaka tentang Dalam mengkaji tiga persoalan tersebut, penulis menggunakan metode kajian pustaka dari beberapa sumber yang merupakan hasil penelitian baik dari buku teks, jurnal maupun artikel, melalui tahapan: 1) Menelaah karya-karya ilmiah hasil penelitian sebelumnya yang terkait. 2) Mengklasifikasikan atau mengelompokkan konsep-konsep terhadap bahan-bahan bacaan. 3) Mendeskripsikan ulang dalam bentuk analisis terhadap karya ilmiah sebelumnya yang relevan 4) Menyajikan dalam bentuk tabel atau matriks 5) Mengambil saripati. Kegunaan Temuan penelitian ini adalah model hipotetik tentang pembelajaran seni rupa visual ekspresif dalam program pendidikan inklusif, yaitu siswa regular dan siswa disabilitas belajar bersama, berekspresi, berkreasi, berapresiasi dan memiliki makna dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya dalam bentuk pengetahuan (konsepsi) dan keterampilan (ekspresi), melainkan memiliki makna yang dalam berupa sikap (apresiasi).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The aim dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...