Penelitian ini membahas tentang upaya sekolah dalam penguatan karakter toleransi antara siswa di SMPN 9 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian yaitu guru PPKn, guru Pendidikan Agama Islam, guru Pendidikan Agama Hindu, guru Pendidikan Agama Kristen dan guru Bimbingan dan konseling di SMPN 9 Mataram, sedangkan informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, wakasek kurikulum, Ketua Osis dan Siswa di SMPN 9 Mataram. Cara pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data penelitian dilakukan dengan beberapa cara yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan, dan Validasi Data. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya sekolah dalam penguatan karakter toleransi antara siswa di SMPN 9 Mataram dilaksanakan dengan cara Integrasi dalam pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan rutin, kegiatan spontan. Faktor pendukung upaya sekolah dalam penguatan karakter toleransi antara siswa yaitu kemauan dari siswa, prasaran & sarana, dan kerjasama antara pendidik, adapun faktor penghambat upaya sekolah dalam penguatan karakter toleransi antara siswa yaitu lingkungan keluarga.
Copyrights © 2023