Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 12 No. 3 (2025): Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti

DRAGLANDTICS: INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN ELEMEN GAMIFIKASI EDUKATIF

Sulistyo, Bagus (Unknown)
Handayani, Aprilia Dwi (Unknown)
Jatmiko (Unknown)
Nurfahrudianto, Aan (Unknown)
Santia, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Kesulitan siswa dalam memahami konsep operasi pecahan masih menjadi tantangan di SDN Batuaji 1, meskipun materi ini telah diajarkan sejak kelas IV. Hambatan ini muncul akibat terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan dominasi metode ceramah dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan kajian ini guna mengembangkan sarana pembelajaran matematika berbasis aplikasi Android bernama DragLandTics yang menerapkan unsur gamifikasi, serta mengkaji tingkat kevalidan, kemenarikan, dan efektivitas penggunaannya dalam pembelajaran operasi pecahan. Meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi pada proses pengembangan dengan pendekatan model ADDIE. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini teridentifikasi sebagai kategori sangat valid dengan skor rata-rata 4,56, dan respon siswa menunjukkan tingkat kemenarikan tinggi dengan skor 4,26. Selain itu, terlihat adanya kemajuan hasil belajar siswa yang menonjol setelah penggunaan media, berdasarkan perbandingan nilai pretest dan posttest. Implementasi elemen gamifikasi seperti tantangan, penghargaan, dan visual interaktif dalam DragLandTics terbukti meningkatkan motivasi belajar siswa, Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lanjutan dengan menambah fitur serta penyempurnaan tampilan agar semakin menarik dan optimal dalam akativitas edukatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The aim dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...