Perubahan era yang semakin modern telah berdampak negatif pada perkembangan batik di Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo. Untuk menjaga keberlanjutan produk batik dan meningkatkan minat pembelian masyarakat, beberapa faktor perlu dipertimbangkan. Tujuan penelitian ialah menganalisis pengaruh promosi media sosial dan word of mouth (wom) terhadap citra merek dan keputusan pembelian di Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo serta mengevaluasi peran mediasi citra merek dalam hubungan promosi media sosial, Word of Mouth, pada keputusan pembelian. Metode penelitian berupa kuantitatif dengan jenis kausal yang dilaksanakan di Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo, dengan penentuan sampel melalui metode total sampling pada 100 konsumen pengrajin batik. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan analisis data dengan uji PLS. Penelitian membuktikan promosi media sosial dan wom berdampak signifikan positif pada citra merek serta keputusan pembelian. Selain itu, citra merek berdampak signifikan positif pada keputusan pembelian dan mampu berperan sebagai mediator yang signifikan dalam hubungan antara promosi media sosial dan wom pada keputusan pembelian. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi upaya melestarikan batik di tengah tantangan perkembangan zaman.
Copyrights © 2025