Jurnal Pendidikan Widyaswara Indonesia (JPWI)
Vol. 1 No. 3 (2025): JPWI-NOVEMBER

ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV

Nadia Indah Putri (Unknown)
Isnaniah (Unknown)
Eka Puji Lestari3 (Unknown)
Afrimon (Unknown)
Yulia Rahmi Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDN 07 Mudiak Lawe Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar bervariasi, seperti strategi pembelajaran kontekstual (CTL), strategi pembelajaran berbasis permainan, serta pemberian penghargaan baik secara verbal berupa pujian maupun non-verbal berupa hadiah. Strategi pembelajaran yang diterapkan guru dalam pembelajaran Matematika terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran dan antusias siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran yang bervariasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 07 Mudiak Lawe pada mata pelajaran Matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpwi

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Widyaswara Indonesia (JPWI) merupakan jurnal ilmiah yang memfokuskan pada publikasi hasil-hasil penelitian dan kajian ilmiah dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Terbit setiap Februari, Mei, Agustus, & November (4 kali dalam setahun) yang diterbitkan oleh LPPM Widyaswara ...