Mesada: Journal of Innovative Research
Vol. 2 No. 2 (2025): July-December

Penerapan Manajemen Berbasis Kinerja dalam Lembaga Pendidikan Publik: Analisis Efektivitas Kebijakan Pemerintahan Daerah

Batubara, Syofia Elida (Unknown)
Sudarmaji, Sudarmaji (Unknown)
Lumbanraja, Rani Fentaria (Unknown)
Sumitro, Sumitro (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2025

Abstract

Penerapan Manajemen Berbasis Kinerja (MBK) di lembaga pendidikan publik merupakan salah satu strategi reformasi birokrasi untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan, efektivitas anggaran, dan akuntabilitas kinerja sekolah. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas implementasi MBK dalam konteks pendidikan publik, dengan fokus pada instrumen kebijakan pemerintah daerah, mekanisme penilaian kinerja, serta faktor pendukung dan penghambat. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi pustaka dan analisis kebijakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan MBK pada lembaga pendidikan umumnya telah diformalkan melalui instrumen perencanaan kinerja seperti RKT, RKAS, Indikator Kinerja Utama (IKU), dan evaluasi berbasis sasaran kinerja. Namun, efektivitas kebijakan masih dipengaruhi keterbatasan sumber daya manusia, minimnya pemanfaatan teknologi informasi, rendahnya budaya evaluasi, serta ketidaksesuaian indikator kinerja dengan standar nasional pendidikan. Pemerintah daerah dinilai perlu memperkuat fungsi monitoring, digitalisasi penilaian kinerja, dan kapasitas manajemen sekolah agar MBK mampu meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mesada

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Mesada: Journal of Innovative Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...