Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 4 (2025): November

Efektifitas Pembelajaran Tematik Berbasis Teknologi Informasi di Sekolah Dasar

Maritasari, Donna Boedi (Unknown)
Cahyani, Ririn Dwi (Unknown)
Istiani, Herlina (Unknown)
Handayani, Hani (Unknown)
Hijazi, Muh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran tematik berbasis Teknologi Informasi (IT) di tingkat Sekolah Dasar (SD). Perkembangan teknologi di era digital menghadirkan tantangan sekaligus peluang bagi dunia pendidikan, khususnya dalam penguatan pendekatan pembelajaran yang integratif dan bermakna seperti pembelajaran tematik. Melalui metode studi Pustaka (library research), penelitian ini menelaah berbagai literatur, artikel ilmiah, dan data statistik untuk menganalisis sejauh mana IT dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tematik di SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi IT dalam pembelajaran tematik mampu meningkatkan keterlibatan siswa, mendorong kreativitas, serta menumbuhkan keterampilan abad ke-21 seperti kolaborasi dan berpikir kritis. Namun demikian, efektivitas ini dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti ketersediaan infrastruktur, kompetensi guru, literasi digital siswa, dan kesenjangan akses teknologi di berbagai jenjang pendidikan. Oleh karena itu, pelatihan guru, pengembangan kurikulum adaptif, serta pemerataan fasilitas TI menjadi kunci dalam mengoptimalkan implementasi pembelajaran tematik berbasis teknologi informasi di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...