Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya sarana dan prasarana dalam mendukung efektivitas layanan Bimbingan dan Konseling (BK) di lingkungan pendidikan. Ketersediaan fasilitas yang memadai, seperti ruang konseling yang nyaman dan privat, serta beragam peralatan pendukung mulai dari instrumen pengumpul data (tes dan nontes), sistem penyimpanan informasi, perlengkapan teknis (komputer, proyektor), hingga alat administrasi ditetapkan sebagai komponen penting yang memengaruhi kualitas layanan BK dan profesionalisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur (library research), dengan menelaah berbagai kajian kepustakaan, jurnal ilmiah, dan hasil riset sebelumnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana BK yang optimal sangat penting untuk mencapai tujuan layanan. Pengelolaannya harus berlandaskan pada prinsip pencapaian tujuan, efisiensi, kepatuhan administrasi, pembagian tanggung jawab yang jelas, dan kohesi tim. Dengan adanya dukungan sarana dan prasarana yang memadai, konselor dapat menciptakan lingkungan yang kondusif, membantu peserta didik mengembangkan potensi secara menyeluruh, dan mengatasi berbagai hambatan, sehingga layanan BK berfungsi maksimal sebagai bagian integral dari sistem pendidikan
Copyrights © 2025