Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas layanan bimbingan karir terhadap perencanaan karir siswa di sekolah menengah atas. Melalui metode kajian literatur terhadap 15 artikel terpublikasi dalam rentang waktu 5 tahun terakhir dari 2020-2025, ditemukan bahwa layanan bimbingan karir memberikan dampak signifikan terhadap kemampuan siswa dalam merencanakan karir. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan ini membantu siswa mengenali potensi diri, minat, bakat, serta mengurangi kebingungan dalam pengambilan keputusan. Beberapa teknik inovatif seperti mind mapping, experiential learning, dan permainan monopoli karir terbukti efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang dunia karir. Selain itu, peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) sebagai fasilitator sangat krusial dalam keberhasilan implementasi layanan ini. Temuan penelitian ini perlu pengembangan layanan bimbingan karir yang lebih terstrktur dan kreatif di sekolah-sekolah untuk menghadapi tantangan dunia karir di masa depan.
Copyrights © 2025