Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan
Vol. 4 No. 4 (2025)

Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21

Oktaviani, Elpin (Unknown)
Rahman Hakim, Zerri (Unknown)
Adya Pribadi, Reksa (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2025

Abstract

Pendidikan abad 21 menuntut pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi melalui pendekatan pembelajaran inovatif. Tujuan: Penelitian ini mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik berbasis keterampilan abad 21 di SDN Sepang, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta menggambarkan perkembangan keterampilan peserta didik. Metode: Penelitian kualitatif deskriptif dilakukan pada 28 siswa kelas V dengan pengumpulan data melalui observasi partisipatif (8 pertemuan) dan wawancara mendalam. Data dianalisis menggunakan model Miles, Huberman, dan SaldaƱa. Hasil: Pendekatan saintifik (5M) berhasil diterapkan dengan partisipasi siswa mencapai 82% pada tanya jawab dan 76% pada diskusi kelompok. Keterampilan abad 21 berkembang signifikan: kemampuan bertanya meningkat dari 45% menjadi 78%, kreativitas mencapai 68%, kolaborasi 72%, dan komunikasi 80%. Faktor pendukung meliputi lokasi strategis, kesiapan guru, dan dukungan orang tua, sedangkan penghambat mencakup keterbatasan fasilitas, minimnya pelatihan guru (30%), dan penyalahgunaan teknologi (70%). Kesimpulan: Pendekatan saintifik efektif mengembangkan keterampilan abad 21 dalam konteks keterbatasan sumber daya melalui kreativitas guru dan kolaborasi stakeholder.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukasiana

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Edukasiana is a scientific journal published by Papanda. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. Edukasiana has been published online since 2022. This Journal was published in January, April, July, ...