Walada: Journal of Primary Education
Vol. 4 No. 3 (2025): IN PROGRESS

PENGUATAN KETERAMPILAN MENULIS ALQUR’AN SISWA MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD

Ridwan (Unknown)
Uci Dwi Farhani (Unknown)
Murzal (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2025

Abstract

Rendahnya keterampilan menulis al-Qur’an menjadi alasan untuk meningkatkannya melalui berbagai Upaya, termasuk menggunakan media flashcard. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar Islam dengan pendekatan kuasi eksperimen jenis nonequivalent control group design, dimana terklasifikasi atas kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan media kartu flashcard berpengaruh terhadap keterampilan menulis ayat Al-Qur’an. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen mencapai 92,25 dan nilai rata-rata kelas kontrol mencapai 64,50 dengan nilai signifikansi 0,001<0,05. Penelitian ini berimplikasi langsung terhadap perkembangan keilmuan, menambah referensi dan khasanah ilmiah tentang keterampilan menulis dalam pembelajaran al-qur;an hadist di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...