Masyarakat: Jurnal Pengabdian
Vol. 2 No. 4 (2026)

PENINGKATAN LITERASI STEM MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN CANDI MUARO JAMBI SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Hudaya, Padhil (Unknown)
Akhyaruddin (Unknown)
Pratama, Deri Rachmad (Unknown)
Rahmawati (Unknown)
Nurfadilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2025

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) di SMAN 2 Tanjung Jabung Barat melalui pelatihan pemanfaatan situs sejarah Candi Muaro Jambi sebagai sumber belajar kontekstual. Literasi STEM dipandang penting dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21, khususnya untuk membangun kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan pemecahan masalah. Teknik pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui beberapa tahapan, meliputi pembukaan, penyampaian materi inti oleh tim pengabdian, diskusi interaktif lintas mata pelajaran, serta workshop perancangan pembelajaran berbasis STEM bagi guru. Kegiatan dilaksanakan di SMAN 2 Tanjung Jabung Barat pada tanggal 14 Agustus 2025 dengan melibatkan 35 guru dari berbagai bidang studi, baik eksakta maupun sosial humaniora. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap konsep literasi STEM dan kemampuan mereka dalam mengintegrasikan potensi lokal sebagai media pembelajaran. Guru memberikan respon positif terhadap model pembelajaran kontekstual berbasis Candi Muaro Jambi dan berhasil menghasilkan rancangan ajar yang mengaitkan aspek sains, teknologi, rekayasa, dan matematika dengan nilai-nilai budaya lokal. Implikasi kegiatan ini terlihat dari tumbuhnya kesadaran guru akan pentingnya pembelajaran lintas disiplin dan berbasis kearifan lokal. Penerapan hasil pelatihan di kelas diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan memperkuat keterampilan abad ke-21 siswa melalui pengalaman belajar yang relevan dengan konteks lingkungan dan budaya mereka.

Copyrights © 2026






Journal Info

Abbrev

m-jp

Publisher

Subject

Other

Description

Masyarakat: Jurnal Pengabdian adalah jurnal profesional terakreditasi yang memiliki E-ISSN 3048-0760 dan P-ISSN 3048-0531 yang menyajikan informasi dan opini terkini mengenai isu-isu penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan bidang Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu ...