Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui kemampuan peserta didik dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Setelah itu, penulis melakukan pembinaan untuk meningkatkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada peserta didik tersebut. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian analisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sehingga dihasilkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar karena masih adannya kebimbangan dalam menentukan konteks pembicaraan. Hal ini terlihat pada hasil wawancara dengan guru dan hasil dari tes awal. Akan tetapi setelah dilakukan pembinaan, hasil menunjukkan terjadinya perubahan yang positif saat penulis melihat hasil karya peserta didik yang tertuang pada contoh percakapan yang mereka buat sudah sesuai dengan konteks. Terutama pada konteks formal. Dari hasil tersebut, dapat dilihat bahwa proses pembinaan bahasa Indonesia yang dilakukan berpengaruh positif/berhasil terhadap kemampuan berbahasa Indonesia yang baik karena sudah sesuai dengan konteks dan benar karena sudah sesuai dengan kaidah berbahasa yang berlaku. Sehingga, peserta didik dapat lebih mudah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, setelah melakukan pembinaan bahasa Indonesia.
Copyrights © 2025