Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Pengembangan Scrapbook Sebagai Media Pembelajaran Katakana pada Siswa MAN 2 Pekanbaru

Aisyah, Siti (Unknown)
Aibonotika, Arza (Unknown)
Yohani, Adisthi Martha (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa MAN 2 Pekanbaru dalam menguasai huruf katakana, terutama karena kurangnya media pembelajaran yang menarik. Tujuannya adalah untuk mengembangkan dan menilai kelayakan media pembelajaran digital inovatif, "Katakana Scrapbook." Menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE, penelitian ini berfokus pada tahap pengembangan produk. Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner untuk analisis kebutuhan, serta validasi produk oleh ahli materi dan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa "Katakana Scrapbook" memiliki tingkat kelayakan yang sangat baik dengan validasi rata-rata 82%. Kesimpulan yang didapat adalah media ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah tersedianya media alternatif yang menarik, yang berpotensi meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap huruf katakana secara signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...