JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengaruh Edukasi dan Intervensi Label Pangan terhadap Pola Makan Remaja di Indonesia: Review Sistematis >20 Uji Coba Terkendali Acak (RCT) 2015–2025

Rozi, Fahrul (Unknown)
Majiding, Chaidir Masyhuri (Unknown)
Siddiq, Muhammad Nuzul Azhim Ash (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Perilaku makan remaja di Indonesia cenderung ke pangan olahan, jajanan tinggi gula, garam, lemak, serta minuman berpemanis di sekitar sekolah sehingga risiko kelebihan berat badan dan transisi gizi makin cepat. Edukasi membaca label dan penerapan front-of-pack label (FOPL) yang menandai kandungan GGL tinggi dinilai murah dan efektif. Review ini menelaah >20 uji acak terkendali pada remaja SMP/SMA di Indonesia periode Januari 2015–Oktober 2025 yang ditelusuri melalui Garuda, Neliti, SINTA, OJS kampus, DOAJ, PubMed, dan Google Scholar. Dari 214 rekaman, 23 artikel memenuhi kriteria karena membandingkan kelompok intervensi dan kontrol serta mengukur pengetahuan, sikap, intensi, atau perilaku. Edukasi kelas menaikkan pengetahuan 6,5–32,4 poin dan menurunkan intensi konsumsi pangan tidak sehat 8–28%, sedangkan label peringatan di kemasan/kantin menggeser pilihan aktual 4–7 poin. Efek terbaik muncul saat edukasi dipadukan media visual, namun pelaporan randomisasi dan follow-up masih lemah, sehingga diperlukan RCT multisit terstandar untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan gizi sekolah yang lebih presisi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...