JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Dampak Kebijakan Tarif Impor terhadap Daya Saing Produk Kedelai Lokal

Anggraini, Lilis (Unknown)
Maharani, Saskia (Unknown)
Nurlelah, Siti (Unknown)
Hidayat, Raden Ai Lutfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Kedelai merupakan salah satu komoditas strategis nasional yang memiliki peranan penting dalam ketahanan pangan, terutama sebagai bahan baku utama industri tahu dan tempe di Indonesia. Namun, ketergantungan terhadap impor kedelai yang mencapai lebih dari 70% dari total kebutuhan nasional menimbulkan kerentanan ekonomi, terutama ketika kebijakan tarif impor berubah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kebijakan tarif impor terhadap daya saing produk kedelai lokal di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan memanfaatkan data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Perdagangan, serta laporan FAO tahun 2015–2024. Data dianalisis menggunakan metode comparative advantage (RCA) dan domestic resource cost ratio (DRCR) untuk menilai tingkat efisiensi dan daya saing kedelai lokal terhadap produk impor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan tarif impor kedelai meningkatkan volume impor dan menekan harga di tingkat petani, sehingga menurunkan insentif produksi domestik. Sebaliknya, penerapan tarif impor yang moderat terbukti dapat meningkatkan harga kedelai lokal hingga 12–15% dan mendorong peningkatan luas tanam di beberapa sentra produksi seperti Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kebijakan tarif impor berperan signifikan dalam menentukan daya saing kedelai lokal. Pemerintah disarankan untuk menerapkan kebijakan tarif yang adaptif, disertai subsidi input dan dukungan teknologi agar produksi kedelai lokal mampu bersaing secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...