Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efektifitas pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatuf deskriptif. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPI Nurul Yaqien Ar Rahbini Kubu Raya semester genap tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 13 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Soal tes yang digunakan yaitu 4 butir soal esay yang menguji kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMPI Nurul Yaqien Ar Rahbini Kubu Raya efektif karena ada tiga kriteria efektif tersebut terpenuhi, terbukti dari presentase tiap kritertia yaitu: 1) Peningkatan atau N-gain berada pada kriteria sedang, dari uji N-gain peserta didik rata-rata yang didapatkan adalah 0,70 berada pada kriteria sedang. 2) Presentase Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) lebih dari 80% yaitu 92% atau 12 orang dari 13 peserta didik nilai Posstest nya memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum dengan nilai ≥=70. 3) Hasil obsevarsi pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan RME terlaksana dengan baik, dengan rata-rata keterlaksanaan sintaks sebesar 80% yang termasuk dalam kategori “baik”.
Copyrights © 2025