JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa

Alfarisy, Ahhmad Kharis (Unknown)
Suriyana, Suriyana (Unknown)
Fitriana, Ika Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efektifitas pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatuf deskriptif. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPI Nurul Yaqien Ar Rahbini Kubu Raya semester genap tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 13 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Soal tes yang digunakan yaitu 4 butir soal esay yang menguji kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMPI Nurul Yaqien Ar Rahbini Kubu Raya efektif karena ada tiga kriteria efektif tersebut terpenuhi, terbukti dari presentase tiap kritertia yaitu: 1) Peningkatan atau N-gain berada pada kriteria sedang, dari uji N-gain peserta didik rata-rata yang didapatkan adalah 0,70 berada pada kriteria sedang. 2) Presentase Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) lebih dari 80% yaitu 92% atau 12 orang dari 13 peserta didik nilai Posstest nya memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum dengan nilai ≥=70. 3) Hasil obsevarsi pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan RME terlaksana dengan baik, dengan rata-rata keterlaksanaan sintaks sebesar 80% yang termasuk dalam kategori “baik”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...