Abstrak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menerapkan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Metode penelitian ini mencakup observasi, wawancara, dokementasi serta pretest dan posttest. Subjek penelitian terdiri atas 20 anak usia 5-6 tahun di TK Athirah Kota Makassar yang dipilih secara purposive. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media digital Wordwall dalam meningkatkan kemampuan numerasi anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Wordwall efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi anak usia dini. Nilai rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan pretest dengan peningkatan kategori sedang berdasarkan hasil N-Gain. Uji-t menunjukkan perbedaan signifikan (p= 0,0114) sehingga pembelajaran berbasis Wordwall terbukti memberikan dampak positif terhadap pengembangan kemampuan numerasi anak usia dini. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi penting dalam pendidikan. Di mana penelitian ini menunjukkan bahwa metode pre-eksperimen dapat menjadi sarana yang efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi anak usia dini. Implikasi dari temuan ini dapat memberikan dasar bagi pengembangan strategi pengajaran yang lebih inovatif. Kata Kunci: Media Digital, Wordwall, Numerasi, Anak Usia Dini
Copyrights © 2025