Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
Vol. 12 No. 1 (2025): EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

Pengaruh Teori Belajar Humanistik Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas V SDN 32 Rejang Lebong

Ceshelya Astra (Unknown)
Aniska Septi Sabena (Unknown)
Sutarto (Unknown)
Dewi Purnama Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana pendekatan teori belajar humanistik berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena rendahnya motivasi belajar yang disebabkan oleh kurangnya perhatian, rendahnya antusiasme, serta minimnya partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Jika dibiarkan, hal ini dapat berpengaruh terhadap hasil belajar dan bahkan menghambat terbentuknya sikap religius yang menjadi tujuan utama pendidikan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam kategori Pre-Eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri atas 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket motivasi belajar, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan teori belajar humanistik dan motivasi belajar siswa, dibuktikan dengan nilai dengan nilai sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05. Temuan ini dapat disimpulkan adanya pengaruh pendekatan teori belajar humanistik terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di Kelas V SDN 32 Rejang Lebong.   Kata Kunci: Teori Belajar Humanistik, Motivasi Belajar, Pembelajaran PAI

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusiana

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Library & Information Science

Description

Jurnal ini terbit 2 kali setahun menyajikan 5 artikel baik hasil penelitian maupun pemikiran yang terkait dengan bidang manajemen dan pendidikan Islam. Para penulis akan menempuh tahapan seleksi dari redaktur dan ...