Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana pendekatan teori belajar humanistik berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena rendahnya motivasi belajar yang disebabkan oleh kurangnya perhatian, rendahnya antusiasme, serta minimnya partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Jika dibiarkan, hal ini dapat berpengaruh terhadap hasil belajar dan bahkan menghambat terbentuknya sikap religius yang menjadi tujuan utama pendidikan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam kategori Pre-Eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri atas 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket motivasi belajar, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan teori belajar humanistik dan motivasi belajar siswa, dibuktikan dengan nilai dengan nilai sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05. Temuan ini dapat disimpulkan adanya pengaruh pendekatan teori belajar humanistik terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di Kelas V SDN 32 Rejang Lebong. Kata Kunci: Teori Belajar Humanistik, Motivasi Belajar, Pembelajaran PAI
Copyrights © 2025