CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 4 No 4 (2025): Edisi: November

ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS 3 SDN PRAJEKAN KIDUL 3 MELALUI PENDEKATAN INOVATIF MEMBACA BERSAMA

Ummul Mu’minin, Alya Hasanah (Unknown)
Puspitaningtyas, Amalia Risqi (Unknown)
Syarifah, Mufarrahatus (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kemampuan literasi baca-tulis siswa melalui pendekatan inovatif membaca bersama di kelas III SDN Prajekan Kidul 3. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru wali kelas 3, kepala sekolah, tiga siswa perwakilan. dan dokumentasi kegiatan selama enam kali pertemuan. dengan fokus pada pembiasaan literasi dan strategi membaca kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran aktif sebagai fasilitator literasi, baik melalui pembacaan cerita nyaring, penyediaan pojok baca, maupun pembiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Guru juga menerapkan strategi membaca kelompok secara kolaboratif untuk membangun pemahaman bacaan dan meningkatkan kepercayaan diri siswa. Dua siswa yang mengalami kesulitan membaca, yaitu dalam aspek kelancaran membaca dan pembeda bunyi huruf, dibimbing secara individual melalui latihan fonemik, media visual interaktif, serta pendekatan multisensori. Pendekatan yang adaptif, konsisten, dan responsif terhadap kebutuhan siswa terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan membaca. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya inovasi strategi pembelajaran literasi yang berpusat pada siswa dalam membangun kebiasaan literasi sejak dini. Kata kunci: peran guru, literasi, membaca bersama, pembelajaran inovatif, sekolah dasar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...