Jurnal Dedikasi
Vol 27, No 2 (2025): JURNAL DEDIKASI

PKM Pelatihan dan Pendampingan Classroom Action Research (CAR/PTK) bagi Guru

Syamsidah, Syamsidah (Unknown)
Nurhijrah, Nurhijrah (Unknown)
Bahar, Ayu Saputri (Unknown)
Ridwan, Wardimansyah (Unknown)
Amir, Syarah Syam (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2025

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu strategi kunci untuk meningkatkan mutu pengajaran dan profesionalisme guru. Namun, banyak guru masih menghadapi kesulitan dalam merancang dan melaksanakan PTK karena keterbatasan pemahaman metodologi penelitian dan keterampilan penelitian yang kurang memadai. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan dan pendampingan penyusunan proposal PTK di SMKN 4 Enrekang. Metode pelaksanaannya meliputi sosialisasi, pelatihan, lokakarya praktik penulisan proposal, presentasi, evaluasi, dan pendampingan pasca pelatihan. Hasil program menunjukkan bahwa 80% peserta mampu menyusun proposal PTK sesuai dengan standar yang ditetapkan dan menunjukkan peningkatan pemahaman konsep PTK. Pendampingan lebih lanjut memastikan bahwa guru mampu terus melakukan penelitian secara mandiri di kelas mereka. Kegiatan ini berdampak positif pada peningkatan kemampuan reflektif guru dan berkontribusi pada peningkatan mutu pengajaran secara keseluruhan di sekolah.Kata kunci: pelatihan guru, penelitian tindakan kelas, pengabdian kepada masyarakat, profesionalisme guru

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: 1. Education for ...