Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu strategi kunci untuk meningkatkan mutu pengajaran dan profesionalisme guru. Namun, banyak guru masih menghadapi kesulitan dalam merancang dan melaksanakan PTK karena keterbatasan pemahaman metodologi penelitian dan keterampilan penelitian yang kurang memadai. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan dan pendampingan penyusunan proposal PTK di SMKN 4 Enrekang. Metode pelaksanaannya meliputi sosialisasi, pelatihan, lokakarya praktik penulisan proposal, presentasi, evaluasi, dan pendampingan pasca pelatihan. Hasil program menunjukkan bahwa 80% peserta mampu menyusun proposal PTK sesuai dengan standar yang ditetapkan dan menunjukkan peningkatan pemahaman konsep PTK. Pendampingan lebih lanjut memastikan bahwa guru mampu terus melakukan penelitian secara mandiri di kelas mereka. Kegiatan ini berdampak positif pada peningkatan kemampuan reflektif guru dan berkontribusi pada peningkatan mutu pengajaran secara keseluruhan di sekolah.Kata kunci: pelatihan guru, penelitian tindakan kelas, pengabdian kepada masyarakat, profesionalisme guru
Copyrights © 2025