Jurnal Dedikasi
Vol 27, No 2 (2025): JURNAL DEDIKASI

Strategi Penguatan Kapasitas Guru dalam Menulis Artikel Ilmiah Melalui Pelatihan Berbasis PTK

Mohamad, Andi Riswan (Unknown)
Amin, Fatimah Hidayahni (Unknown)
Sunusi, Seny Luhriyani (Unknown)
Susanto, Ashabul Kahfi (Unknown)
Sembiring, Surya Anantatama (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas guru dalam menulis artikel ilmiah melalui pelatihan berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peserta kegiatan terdiri dari guru-guru yang tergabung dalam Perhimpunan Guru Pondok Pesantren Ash Shalihin dan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Metode pelaksanaan meliputi survei awal untuk mengidentifikasi kemampuan menulis guru, wawancara mendalam, penyajian materi terkait penulisan ilmiah berbasis PTK, diskusi interaktif, sesi konsultasi individu, serta review artikel secara langsung. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kapasitas guru dalam beberapa aspek, yaitu: (1) pemahaman struktur dan format artikel ilmiah berbasis PTK, (2) kemampuan merancang dan menuliskan latar belakang masalah yang kontekstual, (3) keterampilan menyusun metodologi PTK, dan (4) kemampuan merevisi artikel berdasarkan umpan balik yang diberikan dan hasil plagiasi. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan berbasis PTK merupakan strategi efektif dalam meningkatkan kompetensi menulis ilmiah di kalangan guru, khususnya di lingkungan pesantren dan organisasi profesi guru daerah.Kata kunci: Pelatihan artikel ilmiah, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Kapasitas Guru

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: 1. Education for ...