J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2025): J-PiMat

Pengaruh PBL berbantuan Wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMAS Kartika1-2Medan

Simbolon, Kristiana (Unknown)
Manurung, Nurliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, didasari rendahnya kompetensi siswa Indonesia dalam survei PISA dan TIMSS serta dominasi pembelajaran konvensional yang bersifat teacher-centered, sehingga siswa pasif dan minim keterlibatan berpikir tingkat tinggi. Mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan rancangan pretest–posttest control group, penelitian melibatkan 54 siswa kelas X SMAS Kartika 1–2 Medan yang dialokasikan acak: kelompok eksperimen menerima PBL berbantuan Wordwall, sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen berupa tes uraian berdasarkan tahapan Polya. Analisis data mencakup uji normalitas Shapiro–Wilk, homogenitas Levene, dan uji t independen. Hasil menunjukkan data normal dan homogen, dengan perbedaan signifikan antar kelompok (t = 2,265; p = 0,028 < 0,05). Rata-rata posttest eksperimen (83,66) lebih tinggi daripada kontrol (79,78). Temuan membuktikan PBL berbantuan Wordwall efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Implikasinya, pendidik direkomendasikan mengintegrasikan PBL dengan media digital interaktif seperti Wordwall untuk menciptakan pembelajaran partisipatif, bermakna, dan responsif terhadap kebutuhan abad ke-21.Kata kunci: PBL, Wordwall , pemecahan masalah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...