Penelitian ini bertujuan mengembangkan video animasi pembelajaran matematika berbasis literasi numerasi pada materi peluang kelas VIII SMP. Model pengembangan yang digunakan ialah 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang mencakup analisis kebutuhan, perancangan, validasi, uji coba, dan penyebarluasan. Instrumen penelitian terdiri atas angket validasi, angket respon guru dan siswa, serta tes literasi numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi yang dikembangkan dinilai valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekaligus memperkuat minat belajar mereka terhadap matematika. Media ini terbukti membantu siswa memahami konsep peluang secara lebih konkret melalui tampilan visual dan narasi interaktif. Implikasinya, guru dapat memanfaatkan video animasi berbasis literasi numerasi ini sebagai alternatif media pembelajaran inovatif untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah.Kata Kunci: vidio pembelajaran, animasi matematika, literasi numerasi
Copyrights © 2025