J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2025): J-PiMat

Pengaruh Permainan Hompimpa terhadap Pemahaman Konsep Peluang dalam Pembelajaran Matematika

Rey S, Shizukana Desurya (Unknown)
Lailiyah, Siti (Unknown)
Setyawati, Maunah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan permainan tradisional Hompimpa terhadap peningkatan pemahaman konsep peluang dalam pembelajaran matematika. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep peluang yang bersifat abstrak, serta masih dominannya metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan pengalaman langsung siswa. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest, yang melibatkan 33 siswa kelas VIII-E SMP Negeri 2 Waru pada tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda berisi lima soal yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran menggunakan permainan Hompimpa. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji normalitas Shapiro–Wilk dan uji-t berpasangan (paired sample t-test) melalui bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada peluang pemahaman konsep, dengan rata-rata skor meningkat dari 0,6061 menjadi 0,7576 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan permainan Hompimpa efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Selain itu, pembelajaran menjadi lebih interaktif, menyenangkan, dan bermakna. Oleh karena itu, permainan tradisional dapat dijadikan strategi pembelajaran yang relevan, kontekstual, dan berbasis budaya lokal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah.Kata Kunci: Permainan Hompimpa, pemahaman konsep

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...