Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung siswa antara kelas yang menggunakan metode jarimatika dengan kelas yang menggunakan metode ceramah kelas III SDN 10 Singkawang; 2) mengetahui seberapa besar pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas III SDN 10 Singkawang. Desain dalam penelitian ini Adalah true experimental design dengan bentuk post-test only control group. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan terpilih kelas III A sebagai kelas control dan kelas III B sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan metode jarimatika dan kelas control menggunakan metode ceramah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dua sampel untuk mengetahui perbedaan dari kedua kelas dan selanjutnya menggunakan rumus effect size untuk melihat seberapa besar pengaruh metode jarimatika yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara kelas yang menggunakan metode jarimatika dengan kelas yang menggunakan metode ceramah, jika dilihat hasil perhitungan uji t dua sampel menunjukkan bahwa ??????? = 7,116 > ?????? = 2,06 dengan taraf signifikan 5% artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa metode jarimatika sebagai metode yang menarik dan dapat membantu kemampuan berhitung menjadi lebih baik; (2) metode jarimatika berpengaruh tinggi terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa dengan menggunakan rumus effect size dengan nilai 1,115.Kata Kunci: Metode jarimatika, kemampuan berhitung perkalian, pembelajaran matematika SD.
Copyrights © 2025