J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2025): J-PiMat

Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas III SD

Anitra, Rien (Unknown)
Dwilarichie, Echi (Unknown)
Murdani, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung siswa antara kelas yang menggunakan metode jarimatika dengan kelas yang menggunakan metode ceramah kelas III SDN 10 Singkawang; 2) mengetahui seberapa besar pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas III SDN 10 Singkawang. Desain dalam penelitian ini Adalah true experimental design dengan bentuk post-test only control group. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan terpilih kelas III A sebagai kelas control dan kelas III B sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan metode jarimatika dan kelas control menggunakan metode ceramah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dua sampel untuk mengetahui perbedaan dari kedua kelas dan selanjutnya menggunakan rumus effect size untuk melihat seberapa besar pengaruh metode jarimatika yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara kelas yang menggunakan metode jarimatika dengan kelas yang menggunakan metode ceramah, jika dilihat hasil perhitungan uji t dua sampel menunjukkan bahwa ??????? = 7,116 > ?????? = 2,06 dengan taraf signifikan 5% artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa metode jarimatika sebagai metode yang menarik dan dapat membantu kemampuan berhitung menjadi lebih baik; (2) metode jarimatika berpengaruh tinggi terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa dengan menggunakan rumus effect size dengan nilai 1,115.Kata Kunci: Metode jarimatika, kemampuan berhitung perkalian, pembelajaran matematika SD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...