SDN 1 Ciuyah, sebagai salah satu sekolah dasar negeri yang terletak di Kabupaten Lebak, menghadapi berbagai tantangan dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran, sebagian besar guru di SDN 1 Ciuyah masih memiliki keterbatasan dalam pemahaman dan penguasaan teknologi digital, terutama dalam konteks pembelajaran. Selain itu, akses terhadap informasi terkini dan jaringan komunitas pembelajar juga masih terbatas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan literasi digital guru melalui pengenalan dan praktik langsung penggunaan media pembelajaran berbasis AI. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru menggunakan teknologi digital. Guru mampu menghasilkan produk media pembelajaran berbasis AI yang inovatif serta menyatakan kesiapannya untuk menerapkan di kelas. Evaluasi pelatihan juga menunjukkan respon positif, dengan mayoritas peserta menilai materi bermanfaat, metode pelatihan efektif, dan menumbuhkan motivasi untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya meningkatkan literasi digital guru, tetapi juga mendukung transformasi pendidikan di sekolah dasar. Program ini sejalan dengan upaya mewujudkan kualitas manusia Indonesia unggul, pemerataan pembangunan pendidikan, serta mendukung pencapaian Asta Cita dan Sustainable Development Goals (SDGs) bidang pendidikan.
Copyrights © 2025