Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Vol 10 No 02 (2025): Volume 10 Nomor 2 2025

A Qualitative Study on Strengthening Student Character Values Through the Implementation of Local Greetings 'Iyye' and 'Tabe' in Learning at PGMI UIAD Sinjai

Kadir, Muhammad Kadir (Unknown)
Hasmiati (Unknown)
Hidayat, Irwin (Unknown)
Qadrianti, Laeli (Unknown)
Nurhasanah (Unknown)
Wahyuningsih (Unknown)
Megawati (Unknown)
Rahmadina (Unknown)
Rusman, Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini mengangkat bagaimana sapaan lokal “iyye” dan “tabe” digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk memperkuat nilai-nilai karakter mahasiswa di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD) Sinjai. Kedua sapaan ini berasal dari budaya Bugis-Makassar dan memiliki makna yang kuat dalam menunjukkan rasa hormat, sopan santun, dan penghargaan kepada orang lain. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi langsung di kelas, wawancara dengan mahasiswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa terbiasa menggunakan “iyye” sebagai bentuk persetujuan yang sopan, dan “tabe” sebagai ucapan permisi atau tanda hormat, baik kepada dosen maupun sesama teman. Kebiasaan ini bukan hanya memperlihatkan identitas budaya mereka, tetapi juga ikut membentuk sikap saling menghargai, saling mengingatkan, dan memperkuat nilai etika dalam berkomunikasi. Dalam konteks pembelajaran, sapaan lokal ini berfungsi lebih dari sekadar alat bahasa ia menjadi media yang efektif untuk menanamkan karakter positif dan membangun suasana akademik yang berakar pada nilai-nilai kearifan lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPDK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan adalah jurnal peer review yang fokus pada kajian kritis tentang pendidikan dasar, dan dinamika pembelajaran ditingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Selain itu, mengkaji masalah perkembangan pendidikan dasar ...