Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat konsentrasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar pada pembelajaran matematika. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan metode korelasional. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui tes soal matematika dan penyebaran angket kepada responden yang kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana, uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi. Lokasi pelaksanaan penelitian ini di SDN Sindangmandi Kabupaten Serang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sensus yaitu keseluruhan peserta didik kelas IV sehingga banyaknya sampel pada penelitian ini sebanyak 48 responden. Hasil pengujian regresi linier sederhana didapatkan Fhitung 75,21 ≥ Ftabel 4,05 dengan persamaan Y = 0,68 + 0,62X. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara tingkat konsentrasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar. Sedangkan hasil pengujian koefisien korelasi didapatkan nilai Rxy sebesar 0,79 dimana berdasarkan tabel kriteria penentuan besaran koefisien korelasi berada di tingkat “kuat”, serta didapatkan nilai koefisien determinasi sebesar 62% yang menunjukkan besaran kontribusi pengaruh antara tingkat konsentrasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar.
Copyrights © 2025