Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Terbit

METODE METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM NASKAH ARAB BIDAYATUL HIDAYAH: ANALISIS KUALITATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KLASIK: Abstract, Abstrak,Pendahuluan,Metodologi,Hasil dan Pembahasan,Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka

Nanda Sugesti, Vina (Unknown)
Sulastri (Unknown)
Muhammad Abdullah Sidiq (Unknown)
Zulhannan (Unknown)
Untung Sunaryo (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini membahas metode pendidikan Islam yang terdapat dalam naskah Arab Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali sebagai pendekatan klasik yang memiliki relevansi penting terhadap pembentukan karakter dan moral peserta didik di era modern. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya meliputi aspek akidah, ibadah, dan akhlak yang berperan dalam membentuk manusia beriman, berilmu, dan beramal saleh. Melalui metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, bermain, dan hukuman edukatif, konsep pendidikan dalam karya tersebut menunjukkan keseimbangan antara dimensi spiritual dan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif terhadap teks dan literatur yang berkaitan dengan pemikiran Al-Ghazali. Hasil kajian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip pendidikan klasik dalam Bidayatul Hidayah tetap relevan untuk diterapkan dalam konteks pendidikan Islam masa kini, terutama dalam membentuk perilaku beradab dan berakhlak mulia. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori pendidikan Islam berbasis nilai-nilai tasawuf dan akhlak Al-Ghazali yang integratif dengan tantangan era modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...