Media ajar yang menarik sangat diperlukan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa, namun kebanyakan bahan ajar Bahasa Indonesia saat ini masih monoton. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengetahui kelayakan media ajar teks deskripsi berbasis pop-up book yang inovatif dan menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang diadaptasi menjadi enam tahap: analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi, dan uji coba. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP IT Nurul Ilmi, Medan, serta divalidasi oleh ahli materi dan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan dinilai sangat layak oleh para validator. Berdasarkan angket kebutuhan, 83,3% siswa menginginkan media pembelajaran yang lebih kreatif seperti pop-up book. Uji coba produk juga menunjukkan respon yang sangat positif dari siswa, di mana media ini terbukti efektif dalam meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi teks deskripsi. Dengan demikian, media ajar pop-up book ini valid dan efektif digunakan sebagai inovasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Copyrights © 2025