Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Terbit

PENGGUNAAN MEDIA STAND UP COMEDY PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT DI MTs MATTIRO DECENG

Asmiranda, Asmiranda (Unknown)
Asdar, Muhammad (Unknown)
Suhardiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media stand upcomedy terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa MTs Mattiro Deceng, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan media tersebut dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media stand up comedy berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan menulis teks anekdot siswa. Siswa mampu memahami struktur, ciri, serta fungsi teks anekdot dengan lebih baik melalui tayangan stand up comedy. Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan media ini sangat baik, ditandai dengan meningkatnya partisipasi, motivasi, dan antusiasme dalam proses pembelajaran menulis. Dengan demikian, media stand up comedy efektif dijadikan alternatif media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot disekolah menengah pertama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...