Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain warna dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di BA Al-Fajar Balenrejo. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 24 anak Kelompok A, terdiri dari 15 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak dari prasiklus hingga siklus II. Pada pra-siklus, persentase ketuntasan anak mencapai 41,6%. Setelah diterapkan metode bermain warna pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 70,8%. Pada siklus II, ketuntasan mencapai 87,5%, melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode bermain warna efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di BA Al-Fajar Balenrejo.
Copyrights © 2025