PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 4 No. 1 (2025): Desember

Peran Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dalam Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SDN Sumur Welut 3 Surabaya

Siti Nur A’isyah (Unknown)
Silvia Dwi Nur Kamalia (Unknown)
Dewi Ismayani Gendra Bawana (Unknown)
Zahrotun Fisabil Jannah (Unknown)
Novalraya Wahyu Widodo (Unknown)
Rezki Nurma Fitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2025

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka (KM) menimbulkan tantangan dalam mentransformasikan kebijakan ke dalam praktik kelas, menuntut pergeseran peran Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dari administratif menjadi kepemimpinan pedagogis yang strategis. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi Wakil Kurikulum dalam menjamin keputusan kurikulum secara signifikan memengaruhi kualitas pembelajaran dan capaian kompetensi siswa. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif-deskriptif di SDN Sumur Welut 3 Surabaya, temuan utama mengindikasikan integrasi bimbingan dan supervisi melalui dua strategi: (1) penguatan karakter dan kompetensi melalui sistem rotasi ketua kelompok bulanan yang membangun kepemimpinan dan kolaborasi siswa; dan (2) budaya evaluasi berkelanjutan melalui forum "Kamis Giat" yang meninjau video praktik, mendorong perencanaan pembelajaran mendalam guru. Dengan demikian, peran non-administratif Wakil Kurikulum terbukti krusial sebagai agen perubahan dalam menjembatani kesenjangan antara kebijakan KM dan implementasi efektif di lapangan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pijar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran is a scientific journal published by CV Putra Publisher. This journal aims to accommodate research articles and community service in the field of education and learning. This journal can provide an overview of the development of science and technology in the ...