IJoEd: Indonesian Journal on Education
Vol. 2 No. 2 (2025)

Penggunaan Media  Puzzle Maker  untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 217 Kampuno Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone

DH, Satriani (Unknown)
Hafid, Abd (Unknown)
Ani, Kasmini (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media Puzzle Maker pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 217 Kampuno Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 14 siswa dan guru kelas V. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, dan analisis data menggunakan teknik pengumpulan data yaitu reduksi data, mendeskripsikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada hasil belajar IPAS siswa setelah menggunakan media Puzzle Maker . Persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 64,28% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II. Kesimpulan penelitian adalah media Puzzle Maker dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 217 Kampuno Kecamatan Barebbo kabupaten Bone.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijoed

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal on Education (IJoEd) is a peer-reviewed open-access journal established for disseminating state-of-the-art knowledge in the field of education. This journal is published annually in March, June, September, and December by LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan. Indonesian Journal on ...