Lubna: Journal of Islamic Elementary Education
Vol. 2 No. 2 (2025): Lubna : Journal of Islamic Elementary Education

UPAYA BERSOSIALISASI MENGGUNAKAN BAHASA DAERAH DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR

Samad, Firjatullah (Unknown)
siti fatimah (Unknown)
Sri puji rahayu (Unknown)
candra eka setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanan upaya bersosialisasi penggunaan bahasa Kutai dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif digunakan dengan guru, Waka Kurikulum, dan siswa sebagai subjek. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar negeri 010 Sangatta hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pembelajaran bahasa Kutai di sekolah bertujuan melestarikan budaya lokal di lingkungan adat Kutai. Materi pembelajaran disesuaikan dengan budaya sekitar, seperti mengenalkan tugu, sejarah, hewan khas, dan galeri adat. Bahasa Kutai diajarkan untuk menanamkan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, kedisiplinan, dan sopan santun. Meskipun belum ada ekstrakurikuler khusus, kegiatan budaya seperti tari tradisional tetap ada dengan sentuhan modern. Media pembelajaran meliputi permainan, buku ajar, dan media sosial untuk menyebarkan bahasa daerah. Penggunaan bahasa Kutai tidak diwajibkan, namun pada hari tertentu, siswa diarahkan untuk menggunakannya sebagai strategi pelestarian. Pembelajaran juga memperkenalkan lagu dan filosofi hidup masyarakat Kutai. Bahasa daerah penting untuk menjaga identitas budaya, dengan kedwibahasaan menjadi hal yang umum karena keberagaman suku dan bahasa di Indonesia. Pembelajaran ini menyenangkan karena menggabungkan kebahasaan dan budaya dengan pendekatan kontekstual. Kata Kunci: Upaya bersosialisasi, Kegiatan Ekstrakulikuler.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lubna

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal studies the theories and practices of primary education and expresses original research searches and current issues. This journal is OPEN access, and peer-reviewed journal to discuss new findings in elementary education, especially at elementary schools. This journal publishes original ...