Penelitian ini membandingkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kurikulum 2013 (K13), dan RPP Satu Lembar untuk mengidentifikasi perbedaan dan persamaan serta untuk mengetahui implementasinya di sekolah. Penelitian ini diharapkan memberi pemahaman mendalam bagi guru, pembuat kebijakan, dan praktisi pendidikan mengenai perkembangan RPP di Indonesia. Data diperoleh melalui studi pustaka dengan menelusuribeberapa referensi berupa buku dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP KTSP cenderung berorientasi pada guru dengan komponen yang lengkap dan rinci. RPP K13 berfokus pada siswa dengan integrasi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Adapun RPP Satu Lembar merupakan penyederhanaan K13 yang lebih menekankan efisiensi, dengan hanya memuat tujuan, kegiatan pembelajaran, dan penilaian. Secara keseluruhan, ketiga model RPP mencerminkan perubahan paradigma pendidikan dari pola yang formalistik menuju pendekatan yang lebih esensial dan fleksibel. Meski RPP Satu Lembar lebih praktis, penerapannya masih menghadapi tantangan berupa pemahaman guru yang belum merata. Penelitian merekomendasikan adanya pelatihan dan pendampingan berkelanjutan bagi guru agar penyusunan dan penerapan RPP Satu Lembar tetap efektif. Selain itu, sekolah dan dinas pendidikan perlu menyediakan panduan implementasi yang lebih jelas dan seragam untuk menghindari kebingungan di kalangan pendidik.
Copyrights © 2025