Penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan berhitung pada anak kelompok B di TK Rahman Nuri Mojoroto Kota Kediri. Melalui media permainan tradisional congklak pada anak kelompok B di TK Rahman Nuri Mojoroto Kota Kediri karena proses tersebut menjadi tujuan dalam penelitian ini. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dijadikan metode dalam penelitian ini. Wawancara, observasi dan dokumentasi dijadikan sebagai alat pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada teori Miles & Huberman yakni kualitatif yang terdiri dari studi pendahuluan, pengumpulan dan pengelolaan data, analisis dan kesimpulan. Hasil penelitian dalam dua kali pertemuan melalui permainan tradisional congklak terbukti anak dapat menyebutkan bilangan 1-20, menghitung jumlah biji congklak sesuai dengan lambang bilangan dan menyelesaikan penjumlahan sederhana dengan menggunakan biji congklak dengan benar yang disampaikan oleh guru. Hal ini terlihat hasilnya dari 10 anak yang diteliti, 7 anak menunjukkan muncul (M) kemudian yang belum muncul (BM) yaitu 3 anak saja pada pertemuan ke dua yang masih membutuhkan bimbingan dari guru, yang berarti guru dinilai melakukan kegiatan seperti yang peneliti inginkan.
Copyrights © 2025