Penelitian terbaru menunjukkan adanya kesenjangan signifikan dalam pemahaman membaca teks spesifik disiplin ilmu di kalangan mahasiswa akuntansi, yang secara langsung berdampak pada keberhasilan akademik dan kesiapan profesional mereka. Lebih lanjut, meskipun fitur linguistik umum iklan telah dipelajari, analisis spesifik terhadap bahasa iklan lowongan kerja keuangan, khususnya dalam konteks Indonesia dan potensi implikasi gender di dalamnya masih terbatas. Studi ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi dan menganalisis fitur linguistik (kosakata, sintaksis, retorika, dan fungsi pragmatis) iklan lowongan kerja bidang keuangan di Indonesia, dan (2) menilai tingkat pemahaman teks-teks ini di kalangan mahasiswa akuntansi Politeknik Negeri Sriwijaya, serta mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi pemahaman mereka. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini akan menerapkan analisis wacana dan analisis pragmatis untuk iklan lowongan kerja, serta survei/tes kuantitatif untuk pemahaman mahasiswa, yang didasarkan pada Teori Skema. Hasil yang diharapkan mencakup tipologi komprehensif bahasa yang digunakan dalam iklan lowongan kerja keuangan, pemahaman tentang tantangan pemahaman umum yang dihadapi mahasiswa akuntansi, dan rekomendasi praktis untuk meningkatkan kejelasan iklan serta kurikulum pendidikan akuntansi guna meningkatkan literasi profesional.
Copyrights © 2025