Penelitian ini bertujuan untuk melakukan merancang dan membuat media pembelajaran interaktif situs Google. Penelitian ini juga akan menganalisis uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas produk yang dihasilkan untuk mendukung pembelajaran informatika pada siswa kelas X SMA N 1 Pancung soal. Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran interaktif yang lebih menarik dan efektif, evaluasi pembelajaran masih bersifat satu arah menjadi dasar pengembangan media ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RD) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analisis (Analisis), Desain (Perancangan), Pengembangan (Pengembangan), Implementasi (Implementasi), dan Evaluasi (Evaluasi). Media pembelajaran interaktif google sites memperoleh hasil validasi dari tiga validator menunjukkan bahwa media tergolong sangat valid (rata-rata 89,33%). Hasil ini secara jelas menunjukkan bahwa media pembelajaran ini Sangat Valid digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil praktikalitas oleh siswa menunjukkan persentase (85,71%), hasil ini secara jelas menunjukkan bahwa media pembelajaran ini Praktis dan efektivitas penggunaan dalam pembelajaran menunjukkan persentase (87,07%). Hasil ini secara jelas menunjukkan bahwa media pembelajaran ini Sangat Efektif Media pembelajaran interaktif ini dirancang untuk menyajikan pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan melalui materi dan kuis yang selaras dengan materi Informatika.
Copyrights © 2025