Fokus utama penelitian ini adalah menciptakan media pembelajaran berbasis Virtual Field Trip dalam topik Keragaman Budaya Indonesia mata pelajaran PPKn kelas IV MI Falahiyah Kedungkendo. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE. Penelitian ini melibatkan ahli materi, ahli media, serta siswa kelas IV sebagai subjek. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi, observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Hasil validasi ahli menunjukkan media termasuk kategori sangat layak. Uji efektivitas dengan pretest dan posttest memperlihatkan kemajuan hasil belajar secara signifikan. Media ini juga mampu meningkatkan partisipasi siswa serta memudahkan pemahaman konsep budaya melalui tampilan visual yang menarik dan interaktif. Penelitian lain oleh Fitralova dkk. (2024) mendukung temuan ini, dengan hasil bahwa media video animasi keragaman budaya sangat valid (89%), praktis (92,65%), dan efektif (92,857%) dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025